Bang Download RAM Bang. Kisah kelam sebelum ada Xiaomi.


Gw salah satu blogger yg benar benar menjadi korban atas populernya Xiaomi.. salah satu postingan gw tentang "cara menambah ram android" jadi sepi peminat. Loh kenapa??

Jadi gini ceritanya. Jaman sebelum ada Xiaomi di pasar smartphone, ada satu masalah yang membuat resah pengguna Android, tidak lain adalah masalah RAM. Karena smartphone di masa itu baru dibekali dengan ram berkapasitas 512mb utk kelas entry level..

Secara teknis, 512mb adalah angka kotor di atas kertas. Saat benar benar running, ram hanya tersisa 100mb.. hal ini di akibatkan oleh aplikasi aplikasi sistem yang berjalan di latar belakang. Dan jumlahnya itu tidak sedikit.

Coba kamu bayangkan perihnya hidup di jaman kami, dengan ram 100mb apa yg bisa kamu lakukan ? Kadang poin sedih ini di tambah pula dengan masalah memori internal yang cepat penuh. Misalnya saat gw install game di play strore, setelah gw menunggu proses download yg cukup lama. Tiba tiba garing begitu saja dengan meninggalkan statement "Tidak cukup ruang penyimpanan".

Sebagai blogger,, gw melihat masalah tersebut sebagai peluang untuk mencari pengunjung.. disisi lain karena gw juga kesel dengan masalah ini. So, ini lah antusias gw terhadap masalah tersebut.

1. Menambah Ram Android.


Gw pernah menulis artikel tentang cara menambah ram android, dan Alhamdulillah mendapatkan respon yg positif..

Tutorial yg gw tulis memang tidak benar benar menambah ram, melainkan membebaskan ram dari belenggu aplikasi sistem..

Bagaimana logikanya ?

Ada semacam metode yang benar benar bisa menghentikan background proses secara efektif.. pada Rana programing metode itu di sebut "hibernasi"


Pada dasarnya suatu aplikasi memiliki algoritma untuk membangun dirinya sendiri.. sehingga tidak cukup menghentikan aplikasi hanya dengan mematikan prosesnya saja.

Dengan metode hibernasi,, suatu aplikasi akan dialihkan fungsinya ke media buatan.. maka aplikasi tersebut seperti hidup 'raganya' saja.. sedangkan nyawanya tidak ada.. sulit di pahami jika kalian tidak punya latar belakang programing..

Untuk mengaplikasikan metode tersebut,, gw menggunakan aplikasi greenify.. namun untuk era Xiaomi gak perlu... MIU secara default sudah mengaplikasikan algoritma tersebut.. malah dijadikan sebagai fitur... Lah ini yg bikin postingan gw sepi..

2. Menambah memori internal Android


Masalah yang kedua ini seperti satu paket dengan masalah nomer 1, atau jangan jangan mereka memang berkeluarga XD

Gw juga pernah menulis artikel "cara menambah memori internal Android" dan hasilnya sama.. rame peminat..

Gw menggunakan teknik manipulasi file sistem  yang menyimpan informasi manajemen penyimpanan. Tepatnya itu merupakan file konfigurasi. Patch lengkap nya  terletak di system/etc/vold.fstab.

Caranya cukup simple,, gw hanya melakukan perubahan pada baris yang menyatakan penyimpanan internal (sdcard0), dan gw ganti dengan alamat penyimpanan eksternal (sdcard1).

Secara ilmiah dapat dijelaskan, logika dari cara di atas adalah untuk membuat memori eksternal di baca sebagai memori internal.. begitu juga sebaliknya,, memori internal di baca sebagai memori eksternal..


Namun sekali lagi kalian nggak perlu repot repot Oprek tetek bengek yg justru membingungkan.. si MIU lagi lagi sudah mengaplikasikan algoritma tersebut..  dan sialnya,, postingan gw makin nggak laku..

Penutup.


Bersyukurlah utk penggunaan Android di era Xiaomi,, karena pada era kami tepatnya di tahun 2014, budget 1.5jt baru dapat galaxy young dengan kapasitas ram sebesar 512mb..

Pada harga yg sama di era Xiaomi.. kamu sudah mendapatkan ram 2gb dengan penambahan desain yang ciamik, bahkan tidak main main, utk kelas entry level sekali pun device xioami memiliki kapasitas baterai yang mengagumkan..

Gw tidak merasa tindakan Xiaomi merupakan ancaman bagi pangsa pasar gw (asiikkk), karena justru berkat kehadiran Xiaomi, blog gw jadi rame pengunjung XD

Related Posts

Previous
Next Post »